PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


Teknologi Gambar

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengaruh budaya terhadap teknologi.



Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau  menghargai budayanya sendiri. Mungkin itu adalah   Istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya Indonesia dari sabang sampai Merauke.          

Beribu-ribu pulau, suku, bahasa, adat, membuat Indonesia menjadi salah satu daya tarik dan negara paling kaya dipandang dari budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya kekayaan budaya kita.

Budaya Indonesia adalah kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka. Kebudayaan berdasarkan pancasila adalah hasil cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya masyarakat Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa.

Isi utama budaya adalah wujud abstrak dari ide –ide dan gagasan yang bermunculan dari masyarakat itu sendiri dan akan berefek pada jiwa masyarakat itu sendiri yang dapat berupa bentuk maupun sistem pengetahuan, pandangan hidup, kepercayaan.

Dipandang dari adat ketimurannya Indonesia sangatalah berbeda dengan orang timur, rata – rata orang timur sangat menjunjung tinggi nilai budayanya sendiri sebagai asset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun temurun, contohnya seperti bersikap sopan dan santun, tolong menolong sesame manusia ,kebiasaan mengalah dan menghormati pendapat orang lain.

Berbeda dengan bangsa Indonesia, bagi bangsa Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan,budaya adalah tempat mencari solusi jika mendapat kesalahan, budaya adalah  harta yang tak ternilai harganya.

Setiap bangsa sangat menginginkan perkembangan di negaranya, dalam hal ini adalah pada bidang teknologi Kebudayaan masyarakat tersebut sebagian besar dipenuhi ole kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Hasil karya masyarakat melahirkan teknologi atau kebudayaan kebendaan yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi masyarakat terhadap lingkungan didalamnya.

Pada abad 21 ini perkembangan iptek sangalah pesat  terutama yang berhubungan teknologi dan informasi seperti internet itu sangat berpengaruh terhadap sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya pada waktu singkat.peran serta masyarakat sangat besar perkembangannya , hal ini dikarenakan perubahan cepat teknologi telah merubah budaya sebagian masyarakat dunia.

Teknologi akan selalu berkembang dari tahun ketahun, perkembangan ini dikarenakan adanya pengaruh globalisasi, berkat Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Adanya perkembangan teknologi dapat menciptakan budaya baru dan juga dapat memajukan budaya itu sendiri , banyak orang Indonesia mencintai budaya-budaya luar dibandingkan budayanya diri sendiri, hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi.

Dampak negative dari teknologi terhadap budaya Indonesia adalah seperti orang Indonesia tidak mau membeli produk lokal ketimbang produk luar, orang Indonesia lebih mencintai produk luar ketimbang produk diri sendiri, itu juga adallah salah satu dampak negative dari teknologi terhadap budaya, sekiranya orang Indonesia mencintai saja budaya -  budaya di Indonesia terutama seperti produk- produk lokal, budaya Indonesia akan berkembang lebih pesat dibanding budaya asing, bangsa Indonesia juga cepat terpengaruh oleh budaya – budaya luar dan hanya ikut –ikutan saja.pada hal ini oraggn asing lebih memilih produk di Indonesia, seperti  produk bola di majalengka.
Saya berharap kedepannya bangsa Indonesia lebih munjunjung tinggi budayanya sendiri dan lebih memilih budaya diri sendiri dibanding budaya luar,karena ini sangat berpengaruh terhadap masa depan bangsa Indonesia dan juga sangat berpengaruh terhadap perilaku bangsa Indonesia itu sendiri, saya juga berharap bangsa indoensia lebih mencintai budaya, adat , produk dll yang termasuk di dalam negeri.  
 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI "